100 Days of Less Hustle, More Jesus: A Devotional Journal

100 Days of Less Hustle, More Jesus: A Devotional Journal

Kimia 2. Reaksi 2-heksanol dengan asam sulfat pekat panas dapat mengalami reaksi eliminasi E1 dan menghasilkan suatu campuran reaksi yang terdiri dari suatu produk A (80%) dan B (5%). Ramalkan senyawa A dan B yang dimaksud! Jelaskan! ​

2. Reaksi 2-heksanol dengan asam sulfat pekat panas dapat mengalami reaksi eliminasi E1 dan menghasilkan suatu campuran reaksi yang terdiri dari suatu produk A (80%) dan B (5%). Ramalkan senyawa A dan B yang dimaksud! Jelaskan! ​

2-heksanol dengan asam sulfat pekat panas dapat mengalami reaksi eliminasi E1. Hasil reaksi tersebut adalah produk Alkena heksena (80%) dan H₃O⁺ (20%).

Pembahasan

Reaksi eliminasi adalah reaksi yang mengalami kehilangan atom atau ion tertentu dari strukturnya. Contoh senyawa yang mengalami reaksi eliminasi adalah alkil halida dan alkohol yang akan membentuk produk alkena.  Pada alkohol terjadi pelepasan atom H dan OH disebut dengan reaksi dehidrasi. Reaksi eliminasi dibagi menjadi 2 yaitu E1 dan E2. Laju reaksi E1 ditentukan konsentrasi substrat sedangkan pada E2, selain konsentrasi substrat ditentukan juga oleh konsentrasi agen pengeliminasi.

2-heksanol jika dalam asam sulfat pekat akan terjadi reaksi E1 sesuai pada gambar di lampiran. Reaksi E1 pada 2-heksanol mengalami dua tahap, yaitu ionisasi dan deprotonasi. Tahap pertama identik dengan tahap pertama pada reaksi SN1. Untuk mekanisme reaksi E1 bisa dilihat lebih jelas pada gambar yang ada di lampiran. Hasil ionisasi membentuk karbokation, tahap kedua adalah deprotonasi yaitu lepasnya proton dari atom karbon yang berada berdampingan dengan karbon positif. Kemudian elektron ikatan yang kehilangan proton bergeser ke arah karbon positif, dan terbentuklah suatu ikatan rangkap disebut senyawa heksena dan asam sebagai produk sampingan.

Pelajari lebih lanjut mengenai reaksi eliminasi pada link https://brainly.co.id/tugas/15337218?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]