100 Days of Less Hustle, More Jesus: A Devotional Journal

100 Days of Less Hustle, More Jesus: A Devotional Journal

Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas Tuliskan 3 bentuk kolaborasi pertahanan di asean

Tuliskan 3 bentuk kolaborasi pertahanan di asean

3 bentuk kolaborasi pertahanan di ASEAN antara lain:

  1. Deklarasi Kawasan Damai, Bebas, dan Netral (ZOPFAN).
  2. ZOPFAN (Zoneof Peace, Freedom and Neutrality).
  3. Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC).
  4. Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ).

Penjelasan:

Bentuk kerja sama atau kolaborasi antarnegara ASEAN antara lain bidang sosial dan budaya, politik dan keamanan, pendidikan. Interaksi dan kerja sama antarnegara ASEAN semakin berkembang dengan munculnya kebutuhan setiap negara anggota.

ASEAN dibentuk dengan tujuan meminimalisasi masalah yang timbul dari interaksi antarnegara dalam berbagai bidang.

Tujuan kerja sama bidang politik,keamanan dan pertahanan adalah untuk menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian di negara ASEAN.

Bentuk Kerja Sama ASEAN di Bidang Politik dan Keamanan antara lain :

  1. Deklarasi Kawasan Damai, Bebas, dan Netral (ZOPFAN) ZOPFAN (Zoneof Peace, Freedom and Neutrality) merupakan kerangka perdamaian dan kerja sama yang tidak hanya di kawasan Asia Tenggara tetapi mencakup kawasan Asia Pasifik yang lebih luas, termasuk dengan negara besar (major powers) dalam bentuk tindakan menahan diri secara sukarela (voluntary self-restraints). ZOPFAN tidak mengesampingkan peranan negara besar di kawasan, tetapi memungkinkan keterlibatan negara tersebut dalam penanganan masalah keamanan kawasan.
  2. Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) TAC atau Traktat Persahabatan dan Kerjasama adalah sebuah Traktat (perjanjian persahabatan) yang memiliki tujuan untuk menciptakan keseimbangan politik serta keamanan di kawasan Asia Tenggara.
  3. Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ) Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara atau Southeast Asia Nuclear-Weapon-Free Zone merupakan sebuah traktat yang bertujuan untuk mewujudkan Kawasan Asia Tenggara yang bebas dari nuklir. Traktat ini ditandatangani saat Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Bangkok, 15 Desember 1995. Penandatangan Traktat tersebut merupakan kontribusi pada upaya menuju perlucutan senjata nuklir secara menyeluruh dan mendorong perdamaian serta keamanan internasional.

Pelajari lebih lanjut

Bentuk-bentuk kerjasama dalam berbagai bidang brainly.co.id/tugas/25206501

#belajarbersamabrainly

[answer.2.content]